Imron, Imron (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI PRINSIP DASAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMK MUDA PATRIA KALASAN. S1 thesis, U N Y.
|
Text
imron-1150224004.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN KOMPETENSI PRINSIP DASAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMK MUDA PATRIA KALASAN Oleh: Imron NIM 11502244004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dengan memanfaatkan media pembelajaran multimedia Prezi dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas X program keahlian teknik komputer dan jaringan SMK Muda Patria Kalasan pada standar kompetensi prinsip dasar organisasi dan arsitektur komputer. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dengan melakukan tiga kali pertemuan sedangkan siklus kedua dengan melakukan dua kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Muda Patria Kalasan dengan jumlah 13 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif digunakan untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, dan lembar observasi psikomotorik digunakan untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Data dianalisis secara deskriptif dengan perhitungan sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping dengan memanfaatkan media pembelajaran multimedia Prezi, kompetensi siswa pada standar kompetensi prinsip dasar organisasi dan arsitektuk komputer mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi pada aspek afektif siswa adalah sebesar 49,63%, dimana persentase afektif siswa pada pertemuan awal hanya mencapai 43,08% pada pertemuan pertama, meningkat menjadi 92,71% pada pertemuan kelima. Peningkatan yang terjadi pada aspek kognitif siswa adalah sebesar 76,9%, dengan rata-rata nilai pretest yang semula hanya 45,0 pada siklus pertama, meningkat menjadi 78,0 pada posttest siklus kedua. Kata kunci: Kompetensi, Mind Mapping, Multimedia, Prezi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 18:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29575 |
Actions (login required)
View Item |