HILDA, DESI MAHANI (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA CELANA PANJANG PRIA DENGAN METODE SILENT DEMONSTRATION DI MAN GODEAN. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Hilda Desi Mahani - 10513241017.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA CELANA PANJANG PRIA DENGAN METODE SILENT DEMONSTRATION DI MAN GODEAN Oleh: HILDA DESI MAHANI NIM. 10513241017 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran aktif Silent Demonstration pada kompetensi membuat pola celana panjang pria dan peningkatan aktivitas belajar untuk pencapaian kompetensi membuat pola celana panjang pria dengan metode silent demonstration di MAN Godean. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan tahapan perencanaan – tindakan dan observasi – refleksi. Penelitian dilaksanakan di MAN Godean kelas XI KHM Tata Busana I yang berjumlah 20 siswa, dengan subyek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi serta instrumen penelitian menggunakan observasi pelaksanaan pembelajaran, instrumen aktivitas belajar siswa, tes kognitif, penilaian afektif dan psikomotor. Uji validitas instrumen penelitian dengan meminta pertimbangan 2 ahli (judgment expert) pada tiap instrumen dan reliabilitas menggunakan inter rater agreement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode silent demonstration pada pembelajaran pembuatan pola celana panjang pria dapat terlaksana, dengan tahapan: a) pendahuluan, b) inti yang meliputi: guru menentukan langkah dalam bentuk jobsheet, siswa memperhatikan demonstrasi bisu dari guru, siswa berdiskusi berpasangan, beberapa siswa diminta menjelaskan demonstrasi guru dan guru mengulangi demonstrasi apabila terdapat kesulitan serta memberikan komentar terhadap observasi yang benar, siswa mengerjakan langkah dari awal sampai akhir,dan c) penutup 2) peningkatan aktivitas belajar dengan metode silent demonstration dapat terlihat dari: a) pra siklus 100% siswa dalam kategori kurang aktif, mean 12, modus 11, median 11, pencapaian kompetensi 45% tuntas, b) siklus I 100% siswa dalam kategori kurang aktif namun ada peningkatan mean 17, modus 16, median 17, pencapaian kompetensi 55% tuntas, c) siklus II 100% siswa dalam kategori aktif dan tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode silent demonstration dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa untuk pencapaian kompetensi membuat pola celana panjang pria. Kata kunci : aktivitas belajar, silent demonstrtaion, dan pola celana panjang pria
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 20:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29512 |
Actions (login required)
View Item |