Grifita, Tresna Monika (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BOGA DASAR BAGI SISWA SMK NEGERI 3 KLATTEN. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Griyani Fatih - 07520244069.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BOGA DASAR BAGI SISWA SMK NEGERI 3 KLATTEN Oleh: Grifita Tresna Monika 13511245007 ABSTRAK Tujuan penelitian ini diracang untuk: (1) mengembangkan modul boga dasar sebagai media pembelajaran bagi siswa SMK Negeri 3 Klaten, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran boga dasar sebagai media pembelajaran bagi siswa SMK Negeri 3 Klaten. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan melalui tahapan Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Pada tahap Define dilakukan analisis produk dengan beberapa tahap yaitu survey, analisis masalah dan mengidentifikasi materi yang dibutuhkan dalam pembuatan produk. Pada tahap Design (perencanaan) bertujuan untuk menyiapkan kerangka pembuatan modul Boga Dasar. Kemudian pada tahap Develop (pengembangan) terdiri atas beberapa tahapan yaitu validasi dosen ahli materi dan dosen ahli media, guru ahli boga dasar dan uji kelayakan siswa. Uji kelayakan modul dengan mengunakan angket dan uji lapangan dilakukan dengan melibatkan 50 orang siswa. Tahap selanjutnya adalah Desseminate (penyebaran) dimana penyebaran belum di sebarkan secara luas hanya digunakan sebagai buku pegangan guru dan di berikan kepada perpustakaan sekolah karena modul ini baru sampai pada uji kelayakan saja. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan modul boga dasar diawali dengan pengumpulan referensi, penyusunan rancangan modul, penyusunan modul, validasi modul, revisi modul. Validasi modul boga dasar oleh ahli materi, ahli media dan guru ahli boga dasar. (2) hasil validasi 1 dosen ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,18 dengan kategori sangat baik, hasil validasi 2 dengan dosen media memperoleh skor rata-rata 4,09 dengan katagori baik, hasil validasi 3 dengan guru ahli boga dasar memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan katagori sangat baik, adapun uji kelayakan modul pada siswa memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan katagori sangat baik. Kata kunci: Pengembangan, Modul, Boga dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 03:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 06:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29275 |
Actions (login required)
View Item |