Peningkatan Keaktifan Belajar Anak Pada Pelajaran Dasar Matematika Melalui Metode TGT Menggunakan Media Berbasis Mikrokontroler dan IC Suara di TK Baitturohiim

Ganish, Wardhani Ekarizky (2016) Peningkatan Keaktifan Belajar Anak Pada Pelajaran Dasar Matematika Melalui Metode TGT Menggunakan Media Berbasis Mikrokontroler dan IC Suara di TK Baitturohiim. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ganish Wardhani Ekarizky - 05502241015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan Keaktifan Belajar Anak Pada Pelajaran Dasar Matematika Melalui Metode TGT Menggunakan Media Berbasis Mikrokontroler dan IC Suara di TK Baitturohiim Oleh: Ganish Wardhani Ekarizky 05502241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran team games tournament (TGT) dan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran dasar matematika yaitu pengenalan angka, warna, dan bentuk geometri untuk anak pra sekolah. Penelitian ini adalah hasil dari impelementasi media pembelajaran pengenalan angka, warna, dan bentuk geometri menggunakan Mikrokontroler Atmega8525 dan IC Suara ISD25120 yang sebelumnya telah dibuat oleh Sulistyo Eko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research) model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian seluruh anak kelompok A di TK Baitturohiim. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, dan catatan lapangan. Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data tentang keaktifan anak diperoleh melalui pengamatan kelas untuk membandingkan tingkat keaktifan belajar anak tiap pertemuan. Catatan lapangan digunakan untuk menggambarkan tentang kondisi situasi kelas pada setiap pertemuan. Data tentang hasil belajar anak yaitu berupa tugas Lembar Kerja Anak digunakan untuk mendapatkan pemenang dari turnamen. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif pada pembelajaran pengenalan angka, warna, dan bentuk geometri dengan metode team games tournament (TGT) adalah dengan memberikan penjelasan materi, belajar kelompok, permainan, turnamen dan penghargaan tim. Hasil akhir pencapaian persentase pada keaktifan perhatian anak terhadap guru diperoleh 75%.Hasil akhir pencapaian persentase pada keaktifan menjawab pertanyaan guru diperoleh 83,3%.Hasil akhir pencapaian persentase pada keaktifan mengemukakan pendapat diperoleh 66,7%.Hasil akhir pencapaian persentase pada keaktifan menyelesaikan tugas individu diperoleh 75%.Hasil akhir pencapaian persentase pada keaktifan menyelesaikan tugas kelompok diperoleh 75%.Hasil akhir pencapaian persentase pada keaktifan mengikuti permainan diperoleh 91,6%.Hasil akhir pencapaian persentase pada keaktifan antusiasme dan semangat anak diperoleh 91,6%. Kata Kunci : Team Games Tournament (TGT), Keaktifan Belajar Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:28
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29210

Actions (login required)

View Item View Item