Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Anak Usia Dini

Wulansari, Betty yulia (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-betty-yulia-wulansari.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kebutuhan proses belajar anak usia dini di lapangan, (2) menghasilkan Model Pembelajaran Berbasis Alam (PBA) untuk Anak Usia Dini, (3) untuk mengetahui perbedaan kualitas belajar anak usia dini antara model pembelajaran konvensional dan Model Pembelajaran Berbasis Alam. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikolaborasikan dengan penelitian eksperimen pada saat ujicoba. Penelitian pengembangan mengacu pada Borg and Gall yang dimodifikasi peneliti. Adapun langkah penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, (3) ujicoba. Subjek model hipotetik adalah ahli dan pengguna, sedangkan subjek uji coba adalah anak usia 3-4 tahun. Pengumpulan data menggunakan lembar catatan lapangan dan lembar observasi untuk melihat implementasi proses belajar anak. Teknik analisis data menggunakanan alisis deskriftif dan independent sample t-test dengan p=0,05. Kesimpulan pertama penelitian ini adalah hasil sudi pendahuluan di lapangan. PAUD Posyandu belum mengakomodasi karakteristik proses belajar anak. Hal ini karena, PAUD Posyandu masih menggunakan metode konvensional dalam. Kedua, produk penelitian ini berupa Model PBA untuk anak usia dini. Prinsip pembelajarannya yaitu belajar tentang alam, belajar dengan menggunakan alam, dan belajar bersama alam. Tahapan pembelajaran Model PBA terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Bagian yang ditekankan pada model PBA terletak pada bagian kegiatan inti. Kegiatan inti Model PBA meliputi kegiatan mengumpulkan informasi menggunakan alat indera anak dan sensori motor, mengkomunikasikan hasil temuan kepada teman dan pendidik, dan melakukan kegiatan perkembangan baik secara individu atau kelompok. Ketiga, Model PBA dapat meningkatkan kualitas belajar anak usia dini. Hal ini ditunjukkan hasil SPSS 16 uji terbatas yaitu nilai phit= 0,006 <p= 0,05 dan hasil uji diperluas yaitu nilai phit= 0,037 <p= 0,05 dengan melihat spontanitas fisik, spontanitas sosial, spontanitas kognitif, muatan kegembiraan, dan rasa humor. Faktor yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan proses belajar anak adalah karana Model PBA mengakomodasi karakteristik proses belajar anak.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jan 2016 04:56
Last Modified: 08 May 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29153

Actions (login required)

View Item View Item