Implementasi Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lombok Barat

Sa'di, Kholisus (2016) Implementasi Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lombok Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kholisus-sa'di-12704251003.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) implementasi program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lombok Barat, dan (b) peran penyelenggara program PKM oleh SKB Lombok Barat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah program pendidikan kewirausahaan masyarakat. Sedangkan responden (informan) adalah warga belajar yang mengikuti program pendidikan kewirausahaan masyarakat.Jumlah informan atau responden penelitian diperoleh dari hasil wawancara terhadap responden yang memenuhi kriteria melalui teknik snow-ball setelah ditentukan kriterianya.Jadi, dalam penelitian ini, jumlah respondennya diketahui ketika pengumpulan data mengalami kejenuhan. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasidan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analis kualitatif. Keabsahan data melalui uji kredibilitas data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sanggar Kegiatan Belajar Masyarakat Lombok Barat mempunyai dua program untuk dijalankan yakni program organik (kompos) dan anorganik (pemanfaatan barang bekas dari plastik). (b) Program pendidikan kewirausahaan masyarakat berjalan sesuai dengan harapan yakni tuntasnya program yang dijalankan Sanggar Kegiatan Belajar Lombok Barat ini dapat dilihat dari kehadiran wargabelajar atau peserta belajar sampai 80%, dan warga belajarnya dapat memahami pelatihan yang diperoleh. (c) tingkat kesejahteraan warga belajar tergolong sejahtera tahap III. (d) melalui program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat ini warga belajar banyak mendapatkan ilmu dan mempunyai kreativitas untuk lebih bisa memanfaatkan barang yang sudah tidak layak pakai untuk dijadikan hal yang lebih berguna dan bermanfaat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewirausahaan masyarakat, sanggar kegiatan belajar, kesejahteraan masyarakat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jan 2016 02:28
Last Modified: 09 May 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item