Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika antara Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Pembelajaran Menggunakan Budaya Lokal pada Materi Pokok Geometri Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK

Ulfah, Maria (2016) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika antara Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Pembelajaran Menggunakan Budaya Lokal pada Materi Pokok Geometri Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-maria-ulfah-12709259041.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing dengan pembelajaran budaya lokal, dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika pada materi pokok geometri ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika; 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan ketiga metode pembelajaran tersebut; 3) mengetahui mana yang lebih efektif diantara pembelajaran penemuan terbimbing dengan budaya local dalam pembelajaran matematika pada materi pokok geometri ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent group design menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen pertama diberikan perlakuan pembelajaran penemuan terbimbing dan kelompok eksperimen kedua diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan budaya lokal, dan satu kelompok kontrol diberikan perlakuan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa SMK Negeri di Kota Yogyakarta . Sampel yang diambil adalah siswa kelas X BG4 dan X BG5 di SMK Negeri 4 Yogyakarta yang dikenai perlakuan pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran budaya lokal, serta SMK Negeri 6 kelas X PAT yang dikenai perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes prestasi dan angket motivasi belajar matematika siswa. Untuk menguji keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran menggunakan budaya lokal, dan pembelajaran konvensional pada masing-masing variabel, data dianalisis dengan uji t one sample pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan ketiga pembelajaran terhadap masing-masing variabel, dianalisis secara multivariate (MANOVA) dengan Helmert Contrasts pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran menggunakan budaya lokal serta pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika pada materi pokok geometri tidak efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar; 2) terdapat perbedaan keefektifan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran menggunakan budaya lokal dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika pada materi pokok geometri ditinjau dari prestasi belajar dan tidak terdapat perbedaan keefektifan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran menggunakan budaya lokal dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika pada materi pokok geometri ditinjau dari motivasi belajar; 3) pembelajaran menggunakan budaya local lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika pada materi pokok geometri ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Budaya Local, Prestasi dan Motivasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jan 2016 02:27
Last Modified: 09 May 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29137

Actions (login required)

View Item View Item