Efektivitas Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus 01 Kecamatan Imogiri, Bantul

Surwantini, Eti (2015) Efektivitas Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus 01 Kecamatan Imogiri, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-eti-surwantini.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media visual dan tanpa media visual, (2) efektivitas penggunaan media visual terhadap prestasi belajar, (3) perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media visual dan tanpa media visual dan (4) efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran tematik dengan tema kegiatan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas III SD Lanteng Baru serta siswa kelas III SD Siluk Imogiri. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data dengan anova dan one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil akhir prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan p < 0.05 dan media visual terbukti efektif terhadap prestasi belajar. Tidak ada perbedaan yang signifikan pada skor akhir motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol karena p > 0.05 namun media visual lebih efektif daripada media konvensional terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Dec 2015 08:29
Last Modified: 08 May 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28902

Actions (login required)

View Item View Item