Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap untuk Meningkatkan Kemampuan Investigasi dan Ranah Afektif

Nurwidyastuti, Berta (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Semester Genap untuk Meningkatkan Kemampuan Investigasi dan Ranah Afektif. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-berta-nurwidyastuti.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan investigasi dan ranah afektif yang valid, praktis dan efektif. Langkah-langkah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tercantum dalam RPP dan LK. Kualitas produk hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah segitiga dan segiempat di kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tiga langkah penelitian, yaitu pendahuluan, produksi, dan pengembangan. Uji coba dilakukan tiga tahap yaitu (1) uji coba/validasi ahli; (2) uji coba terbatas; dan (3) uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMPN 6 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar tanggapan siswa terhadap pembelajaran dan pemanfaatan LK, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar, tes kemampuan investigasi, dan angket minat belajar matematika. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis keefektifan produk yang dikembangkan dilakukan dengan cara menentukan peningkatan hasil tes prestasi belajar dan tes kemampuan investigasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan, yaitu buku model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), RPP, lembar kerja (LK), tes prestasi belajar, dan tes kemampuan investigasi (TKI) memiliki kategori “sangat baik”. Aspek kepraktisan mencapai kategori “baik” ditinjau dari penilaian guru terhadap buku model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), RPP, dan lembar kerja (LK), tanggapan siswa terhadap pembelajaran dan pemanfaatan LK dan keterlaksanaan pembelajaran. Produk pengembangan, yaitu buku model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), RPP, dan lembar kerja (LK) juga memenuhi kriteria “efektif” yang diperoleh dari hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa 29 orang atau 82,86% siswa telah mencapai KKM, dan hasil tes kemampuan investigasi menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 18,4%. Reliabilitas tes prestasi belajar sebesar 0,749, tes kemampuan investigasi sebesar 0,7616 dan angket minat belajar siswa sebesar 0,894. Dengan demikian, secara keseluruhan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:40
Last Modified: 08 May 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28816

Actions (login required)

View Item View Item