KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PROFESI DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI SE-KOTA MAGELANG

Tethys Arsynta Cahyaningrum, Tethys (2015) KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PROFESI DALAM PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI SE-KOTA MAGELANG. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tethys Arsynta Cahyaningrum_11402244029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru bersertifikat profesi dalam pembelajaran di SMK Negeri se-Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bersertifikat profesi di SMK Negeri se-Kota Magelang yang berjumlah 273 orang. Sampel didapatkan melalui rumus Slovin, yaitu 73 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) penyebaran angket; 2) observasi; 3) studi dokumen. Uji validitas item dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbachsebesar 0,738. Teknik analisis data terdiri dari editing, tabulating, analiting dan interpretation, dan concluding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kinerja guru bersertifikat profesi dalam perencanaan pembelajaran dikategorikan baik denganpersentase sebesar 53,4%; 2) kinerja guru bersertifikat profesi dalam pelaksanaan pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase sebesar 37%, kinerja guru bersertifikat profesi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan sub indikator pengelolaan kelas dikategorikan cukup baik denganpersentase sebesar 41,1%, sub indikator penggunaan metode pembelajaran dikategorikani cukup baik denganpersentase sebesar 37%, dan sub indikator penggunaan media dan sumber belajar dikategorikan cukup baik dengan persentase sebesar 34,5%; 3) kinerja guru bersertifikat profesi dalam evaluasi pembelajaran dikategorikan baik denganpersentase sebesar 48,9%, evaluasi pembelajaran dengan sub indikator pendekatan dan jenis evaluasi pembelajaran dikategorikan cukup baik denganpersentase sebesar 41,1%, sub indikator penyusunan alat evaluasi pembelajaran dikategorikan baik denganpersentase sebesar 53,4%, dan sub indikator penggunaan hasil evaluasi pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 53,4%. Kata Kunci:kinerja guru, sertifikat profesi, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item View Item