IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA DI SEKOLAH SIAGA BENCANA MIN JEJERAN PLERET WONOKROMO BANTUL

Wulandari, Nurul Putri (2015) IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA DI SEKOLAH SIAGA BENCANA MIN JEJERAN PLERET WONOKROMO BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nurul Putri Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem pembelajaran mitigasi bencana di sekolah siaga bencana MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Aspek yang diteliti meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sistem pembelajaran mitigasi bencana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive. Subjek penelitian adalah informan kunci yaitu kepala sekolah, informan utama yaitu guru khusus menangani siaga bencana dan guru kelas, dan informan tambahan yaitu siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan trianggulasi teknik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN Jejeran melakukan 2 tipe mitigasi bencana yaitu Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN Jejeran melakukan 2 tipe mitigasi bencana yaitu mitigasi struktural dengan pembangunan gedung sekolah yang memanfaatkan bahan-bahan yang kuat dan aman seperti beton dan penggunaan baja ringan untuk atap sekolah. Penataan ruang kelas yang aman, penyediaan area evakuasi, serta adanya denah evakuasi sekolah. Mitigasi non-struktural dengan pengintegrasian pembelajaran mitigasi bencana pada seluruh mata pelajaran untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait kebencanaan. Selain itu pembiasaan budaya siaga seperti membuang sampah pada tempatnya, menata kendaraan dan sepatu untuk selalu menghadap keluar. Implementasi sistem pembelajaran mitigasi bencana dilakukan dengan 3 tahap yaitu (1) perencanaan sistem pembelajaran mitigasi bencana dilakukan dengan merancang tujuan program siaga bencana melalui visi, misi, dan tujuan sekolah, merancang RPP mitigasi sekolah pada seluruh mata pelajaran serta fasilitas pendukung pelaksanaan pembelajaran mitigasi bencana, serta pembiasaan budaya siaga. (2) pelaksanaan sistem pembelajaran tercermin dalam pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran mitigasi bencana pada seluruh mata pelajaran yang didalamnya ada pembiasaan budaya siaga dengan memanfaatkan fasilitas pendukung mitigasi bencana. Kata kunci: sistem pembelajaran, mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Nov 2015 02:23
Last Modified: 30 Jan 2019 05:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28339

Actions (login required)

View Item View Item