Yulianto, Yulianto (2015) Pengembangan LKPD Inquiry Activity Berbasis Model Pembelajaran Curious Note Program (CNP) pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
yulianto_26 juni 2015.doc Download (61kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk LKPD Inquiry Activity berbasis CNP pada pokok bahasan Hukum Newton tentang Gravitasi yang layak untuk proses pembelajaran fisika. (2) Mengetahui ketercapaian keterampilan proses peserta didik pada pokok bahasan Hukum Newton tentang Gravitasi dengan menggunakan LKPD Inquiry Activity berbasis CNP. Penelitian ini menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk RPP dan LKPD yang dikembangkan diujicoba di SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan mengambil 3 kelas yaitu 1 kelas (22 peserta didik) untuk uji terbatas dan 2 kelas (60 peserta didik) untuk uji lapangan operasional. Validitas LKPD yang dikembangkan didasarkan pada validitas isi. Validitas empiris ditentukan dengan menghitung PA (Percentage of Agreement) berdasarkan hasil uji coba instrumen yang memiliki nilai lebih besar dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)LKPD Inquiry Activity layak digunakan dilihat dari skor validator yaitu 4,39 dalam kategori Baik, nilai reliabilitas (Percentage of Agreement) LKPD sebesar 94,99% untuk LKPD Inquiry Activity 1 dan 98,05% untuk LKPD Inquiry Activity 2, dan dilihat dari hasil respon peserta didik sebesar 3,94 dalam kategori Baik sehingga mampu membantu dalam melakukan dan menganalisis hasil eksperimen. (2) Ketercapaian keterampilan proses peserta didik SMA N 6 Yogyakarta 44% pada tingkat sangat baik, 33% pada tingkat baik, dan 23% pada tingkat kurang baik. Hal tersebut menunjukan bahwa LKPD Inquiry Activity dapat menunjang ketercapaian keterampilan proses peserta didik. Kata-kata kunci: Curious Note Program (CNP), Inquiry Activity, Hukum Newton tentang Gravitasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 06:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28185 |
Actions (login required)
View Item |