PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS PROJECT UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI INTI MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA PADA POKOK BAHASAN TEKANAN HIDROSTATIS DAN HUKUM POKOK HIDROSTATIKA

Damarjati, Pandega (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS PROJECT UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI INTI MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA PADA POKOK BAHASAN TEKANAN HIDROSTATIS DAN HUKUM POKOK HIDROSTATIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
pandega damarjati_15 september 2015.doc

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model outdoor learning berbasis project yang layak untuk pencapaian kompetensi inti pada materi fluida statis pada pokok bahasan tekanan hidrostatis dan hukum pokok hidrostatika di SMA Negeri 2 Sleman. (2) Mengetahui ketercapaian kompetensi inti untuk materi fluida statis pada pokok bahasan tekanan hidrostatis dan hukum pokok hidrostatika di SMA Negeri 2 Sleman setelah diterapkan model outdoor learning berbasis project. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain model 4-D. Model 4-D terdiri dari tahap pengembangan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap diseminasi (disseminate). Pada tahap awal dilakukan analisis untuk menetapkan hal-hal yang diperlukan dalam pembelajaran. Selanjutnya dilakukan perancangan perangkat pembelajaran dan instrumen pengambilan data. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah RPP dan LKPD. Instrumen pengambilan data yang dikembangkan pada penelitian ini adalah angket kesadaran spiritual, lembar observasi sikap sosial, soal tes hasil belajar, angket respon siswa, dan lembar observasi keterampilan proses. Kemudian rancangan tersebut divalidasi oleh validator ahli dan praktisi. Setelah divalidasi, kemudian dilakukan uji coba lapangan yaitu di SMA N 2 Sleman. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan penilaian oleh validator ahli dan praktisi, telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model outdoor learning berbasis project yang layak untuk pencapaian kompetensi inti pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 2 Sleman karena memiliki nilai yang masuk dalam kriteria baik. (2) Tingkat ketercapaian kompetensi inti untuk materi fluida statis pada pokok bahasan tekanan hidrostatis dan hukum pokok hidrostatika di SMAN 2 Sleman setelah diterapkan model outdoor learning berbasis project yaitu ketercapaian kompetensi inti 1 (Sikap Spiritual) 94 %, ketercapaian kompetensi inti 2 (Sikap Sosial) 99 %, ketercapaian kompetensi inti 3 (Pengetahuan) 87 %, dan ketercapaian kompetensi inti 4 (Keterampilan) 97 %. Kata kunci : model outdoor learning, project, dan kompetensi inti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:50
Last Modified: 30 Jan 2019 05:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28174

Actions (login required)

View Item View Item