PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN METODE PROJEK PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ABA PEMBINA SRANDAKAN BANTUL

Wijaya, Taufik (2012) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN METODE PROJEK PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ABA PEMBINA SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Taufik Wijaya 08206241042.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar dengan metode projek puzzle yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan hasil karya kelompok peserta didik di Taman Kanak-Kanak ABA Pembina Srandakan Bantul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik di Taman Kanak-Kanak ABA Pembina Srandakan Bantul. Sumber informasi pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Pendidik pembelajaran menggambar di Taman Kanak-Kanak ABA Pembina Srandakan Bantul. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemotretan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data dengan memilah, memilih, dan mengecek kembali hasil wawancara dengan hasil dokumentasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran menggambar dengan metode projek puzzle di Taman Kanak-Kanak ABA Pembina Srandakan Bantul, yaitu (1) Tahap persiapan terdiri atas Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan alat bahan pembelajaran menggambar dengan metode projek puzzle. (2) Tahap pelaksanaan terdiri atas (a) Kegiatan peserta didik mencari kelompok yang melibatkan peserta didik secara aktif. (b) Pendidik membagikan kepingan kertas sebagai media yang akan di gambar oleh peserta didik. (c) Kegiatan peserta didik menggambar bersama dengan kelompoknya. (d) Kegiatan peserta didik mewarnai bagiannya sendiri. (e) Kegiatan peserta didik menyusun kembali kepingan kertas yang sudah di gambar dan diwarnai oleh masing-masing peserta didik pada papan puzzle. (3) Hasil karya pembelajaran menggambar dengan metode projek puzzle berjumlah 6 dari 24 peserta didik yang dibuat enam Kelompok. Hasil pembelajaran menggambar dengan metode projek puzzle semua peserta didik dapat menyelesaikan tugas bagiannya sendiri dengan baik. Semua kelompok menggambar sesuai dengan tema yang diberikan oleh pendidik yaitu bencana alam gunung merapi. Semua kelompok juga dapat menyusun kembali kepingan gambar yang sudah terpisah menjadi gambar yang utuh. Hasil karya kelompok peserta didik dinilai bintang semua oleh pendidik pembelajaran menggambar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menggambar, projek puzzle, taman kanak-kanak
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 04 Nov 2015 04:01
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27952

Actions (login required)

View Item View Item