HUBUNGAN KUALITAS INTERIOR RUANG KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN DEPOK YOGYAKARTA

Darutami, Dita Puspita (2012) HUBUNGAN KUALITAS INTERIOR RUANG KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dita Puspita Darutami 07206244026.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas interior ruang kelas taman kanak-kanak, motivasi belajar anak taman kanak-kanak, dan hubungan antara kualitas interior ruang kelas dan motivasi belajar anak taman kanak-kanak di Kecamatan Depok Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh Taman Kanak-kanak yang terdapat di Kecamatan Depok Yogyakarta yang berjumlah 67 TK, digunakan teknik random sampling dengan besar sampel sebanyak 30 sekolah. Instrumen penelitian berupa angket dan lembar observasi. Uji Instrumen menggunakan validitas isi. Pengumpulan data melalui pengisian lembar angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan ialah uji normalitas dan uji linieritas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas interior ruang kelas taman kanak-kanak dalam kategori baik adalah 29 sekolah dan 1 sekolah dalam kategori cukup, (2) motivasi belajar anak taman kanak-kanak dalam kategori baik adalah 16 sekolah dan 14 sekolah dalam kategori cukup, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas interior ruang kelas dan motivasi belajar anak usia taman kanak-kanak di Kecamatan Depok dengan nilai r sebesar 0,812 (p< 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas interior dan motivasi belajar di Kecamatan Depok Yogyakarta. Dengan demikian semakin baik kualitas interior ruang kelas maka semakin baik pula motivasi belajar anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan, kualitas interior, motivasi belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 04 Nov 2015 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 05:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27942

Actions (login required)

View Item View Item