PELAJARAN EKSTRA MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ABA AL-JIHAD SIDOKARTO GODEAN SLEMAN

Nugroho, Ari (2012) PELAJARAN EKSTRA MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ABA AL-JIHAD SIDOKARTO GODEAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ari Nugroho 08206241040.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode mengajar menggambar dalam pelajaran ekstra Menggambar pada anak kelompok B2 di TK ABA AL-JIHAD Sidokarto Godean Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B2 TK ABA AL-JIHAD. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi dengan menggunakan alat bantu berupa alat tulis dan kamera. Data yang dihasilkan di analisis secara deskriptif. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Metode mengajar menggambar yang digunakan dalam pelajaran ekstra Menggambar pada anak kelompok B2 adalah metode ceramah dan metode mencontoh. Dengan metode ceramah karya yang dihasilkan anak bervariasi tidak sama dengan karya guru. Metode mencontoh kurang tepat diterapkan di pelajaran ekstra menggambar kelompok B2, karena anak tidak mungkin bisa menggambar sama dengan guru. Setiap anak memiliki karakter menggambar berbeda-beda. Karya anak dikelompokkan menjadi 3 kategori dalam penilaian karya, yaitu kategori bagus, kategori sedang, dan kategori kurang bagus. Didapatkan data bahwa terdapat 10 karya yang mendapatkan kategori gambar bagus, 11 karya yang mendapatkan kategori gambar sedang, dan 2 karya yang mendapatkan kategori gambar kurang bagus. Penilaian karya menggunakan huruf mulai dari nilai terendah yaitu nilai C sampai dengan nilai tertinggi yaitu nilai A+. Hasil dari pelajaran menunjukkan terdapat tiga anak mendapat nilai A+, enam anak mendapat nilai A, satu anak mendapat nilai A-, dua anak mendaat nilai B+, sembilan anak mendapat nilai B, dan dua anak mendapat nilai B-. Prosentase keberhasilan pelajaran ekstra menggambar yaitu jumlah anak yang mendapatkan nilai B keatas lebih dari 90 %. Pelajaran ekstra menggambar dinyatakan berhasil oleh guru dengan prosentase keberhasilan pelajaran ekstra Menggambar pada tanggal 12 september 2012 sebesar 91,3 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menggambar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 04 Nov 2015 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 05:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27934

Actions (login required)

View Item View Item