PROSES PEMASARAN HASIL PERTANIAN TEMBAKAU (Studi Kasus Pada Proses Pemasaran Hasil Pertanian Tembakau Di Desa Mandisari, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung)

Rezza Harits Hammam, Rezza (2015) PROSES PEMASARAN HASIL PERTANIAN TEMBAKAU (Studi Kasus Pada Proses Pemasaran Hasil Pertanian Tembakau Di Desa Mandisari, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Rezza Harits Hammam_11102244010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Proses jual-beli hasil pertanian tembakau yang berlaku di Kabupaten Temanggung, 2) upaya petani dalam mengatasi permasalahan pada proses pemasaran hasil pertanian tembakau di Kabupaten Temanggung, serta 3) solusi mengatasi permasalahan pada proses pemasaran hasil pertanian tembakau di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah petani, pengelola kelompok tani, tengkulak, ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DINPERINDAG) Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan daa dengan menggunakan berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pemasaran hasil pertanian tembakau belum melibatkan petani secara langsung, 2) hambatan dalam proses pemasaran tembakau yakni penentuan harga yaitu dengan satuan grade yang statis, 3) upaya petani dalam mengatasi hambatan yang dihadapi adalah: a. pengadaan kemitraan pabrik sebagai cara menjual hasil pertanian tembakau, b. petani membuat kesepakatan mufakat kepada pembeli hasil pertanian tembakau, c. adanya perhitungan biaya operasional produksi (BOP) hasil pertanian tembakau sebagai pedoman penentuan harga pabrikan, d. menemukan solusi dalam proses pemasaran hasil pertanian tembakau melalui pemberdayaan masyarakat petani. Kata Kunci: pemasaran, hasil pertanian, tembakau

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27767

Actions (login required)

View Item View Item