PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT(PKBM) MANDIRI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Isa Isnaini Wahyuningrum, Isa (2015) PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT(PKBM) MANDIRI KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Isa Isnaini Wahyuningrum_11102244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) partisipasi belajar peserta didik program paket C, (2) upaya yang dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan partisipasi belajar peserta didik program paket C, (3) faktor pendukung partisipasi belajar peserta didik program paket C, (4) faktor penghambat partisipasi belajar peserta didik program paket C. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pengelola, pendidik, peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi belajar peserta didik pada pembelajaran tatap muka dan mandiri kurang optimal, sedangkan pembelajaran tutorial sudah optimal, (2) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi belajar peserta didik program paket C pada: pembelajaran tatap muka adalah menerapkan strategi pembelajaran kontekstual, memberikan reward, sikap pendidik yang humoris. Pada pembelajaran mandiri adalah memberikan tugas, menyediakan sumber belajar. Sementara itu pada pembelajaran tutorial adalah menjaga komunikasi, memberikan reward, menjalin keakraban, (3) faktor pendorong partisipasi belajar peserta didik program paket C pada pembelajaran tatap muka yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik, lingkungan belajar nyaman, sarana dan prasarana yang memadai. Pada pembelajaran mandiri meliputi sumber belajar cukup lengkap, motivasi intrinsik, pembelajaran tutorial meliputi semangat untuk belajar kelompok tinggi dan kecerdasan, (4) faktor penghambat partisipasi belajar peserta didik program paket C pada: pembelajaran tatap muka adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran, kurangnya kehadiran peserta didik serta kondisi fisik peserta didik yang lelah. Pada pembelajaran mandiri meliputi modul, belum ada Taman Bacaan Masyarakat, kurangnya waktu untuk belajar di rumah, sementara itu pada pembelajaran tutorial meliputi usia yang berbeda, kebergantungan peserta didik dalam kelompok. Kata Kunci : partisipasi belajar, peserta didik, program paket C

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 07:35
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27765

Actions (login required)

View Item View Item