KESEJAHTERAAN SOSIAL USIA LANJUT (Studi Kasus Tukang Becak di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta)

Rima Kusumawati Widodo, Rima (2015) KESEJAHTERAAN SOSIAL USIA LANJUT (Studi Kasus Tukang Becak di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
rima kusumawati widodo_artikeljurnal_11102241015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1) Kondisi kehidupan sosial tukang becak usia lanjut di Wonosari Gunungkidul (2)Kondisi kesejahteraansosial tukang becak usia lanjut di Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisstudi kasus. Informan dalam penelitian ini adalahtukang becak usia lanjut di Kecamatan Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah analisis data kualitatif metode interaktif yang meliputi :display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan.Teknik yang digunakan untuk keabsahan data dalam penelitian ini adalahtrianggulasi sumber dan triangulasi metode. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai nara sumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Triangulasi metode dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai metode dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tukang becak usia lanjut di Kecamatan Wonosari melakukan aktivitas kehidupan sosial yang meliputimenawarkan jasa, berbincang-bincang dengan pedagang, dan pengguna jasa. Berbincang-bincang dengan warga sekitar, saling membantu, tolong menolong dalam bekerja.Saling membantu dengan warga sekitar, menjenguk tetangga yang sedang sakit, pinjam meminjam uang, saling gotong royong dalam kegiatan kemayarakatan,mengikuti paguyuban tukang becak se kabupaten Gunungkidul, mengikuti arisan, kagiatan keagamaan, perkumpulan RT, kegiatan kematian, ronda poskamling.(2)Tukang becak usia lanjut di Kecamatan Wonosari sudah sejahtera. Kesejahteraan sosial tukang becak usia lanjut dapat dilihat dari kehidupan sosialnya, yaitu melakukan sebuah interaksi, relasi, aktivitas dan fungsi sosial dilingkungan kerja maupun dilingkungan tempat tinggalnya. Kata kunci: kesejahteraan sosial, tukang becak, usia lanjut,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 07:31
Last Modified: 30 Jan 2019 05:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27764

Actions (login required)

View Item View Item