Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Tema 7 Subtema 3 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Padokan 2 Bantul Yogyakarta

Budiarti, Wahyu Nuning (2015) Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Tema 7 Subtema 3 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Padokan 2 Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-nuning-budiarti-13712251013.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media komik pembelajaran yang layak untuk kelas IV SD dalam tema Cita-citaku subtema Giat Berusaha Meraih Cita-cita (2) mengetahui efektifitas media komik pembelajaran tema 7 subtema 3 terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa, dan (3) mengetahui efektifitas media komik pembelajaran tema 7 subtema 3 terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Padokan 2 Bantul. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Model Pengembangan tersebut dikelompokan menjadi: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) melakukan perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan uji coba lapangan awal, (5) melakukan revisi produk awal untuk menyusun produk utama, (6) melakukan uji coba utama, (7) melakukan revisi produk utama untuk menyusun produk operasional, (8) melakukan uji lapangan operasional, (9) melakukan revisi produk akhir, (10) deseminasi. Subjek uji pelaksanaan lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 27 siswa kelas IV C SD Negeri Padokan 2 Bantul Yogyakarta dan pada kelas kontrol sebanyak 27 siswa kelas IV A SD Negeri Padokan 2 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan media komik dari segi materi dan segi media, angket motivasi belajar bahasa Indonesia, dan tes keterampilan membaca pemahaman. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media komik pembelajaran pada tema Cita-citaku sub tema Giat berusaha meraih cita-cita layak digunakan dalam pembelajaran untuk siswa kelas IV SD Negeri Padokan 2 Bantul Yogyakarta. Menurut ahli materi dan ahli media pembelajaran produk media komik berkategori “baik”. (2) terdapat peningkatan nilai pretest terhadap posttest motivasi belajar bahasa Indonesia siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan media komik pembelajaran dalam tema 7 subtema 3, pembelajaran 1,2 dan 3, dan 3) terdapat peningkatan nilai pretest terhadap posttest keterampilan membaca pemahaman antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan media komik pembelajaran dalam tema 7 subtema 3, pembelajaran 1,2 dan 3 . Keseluruhan uji dan hasil penelitian menunjukan bahwa media komik pembelajaran dalam tema 7 subtema 3 berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia dan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan nilai signifikansi 0.000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komik pembelajaran, bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:21
Last Modified: 09 May 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27747

Actions (login required)

View Item View Item