Evaluasi Program Kecakapan Hidup (Life Skills) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Di Kabupaten Bantul Yogyakarta (Studi Pada Tata Rias Pengantin, Menjahit, dan Aplikasi Komputer Tahun 2012)

Arnady, Muhammad Adil (2015) Evaluasi Program Kecakapan Hidup (Life Skills) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bantul Di Kabupaten Bantul Yogyakarta (Studi Pada Tata Rias Pengantin, Menjahit, dan Aplikasi Komputer Tahun 2012). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-adil-arnady-13704251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi atas: (1) hasil jangka panjang program kecakapan hidup (2) hasil jangka menengah program kecakapan hidup.(3) keluaran/output program kecakapan hidup .(4) activities (tindakan) atau kinerja program kecakapan hidup.(5) input program kecakapan hidup di SKB Bantul. Penelitian adalah penelitian evaluasi yang merujuk pada konsep Logical Framework Models yang dianalisis secara kualitatif. Pendekatan evaluasi disusun secara sistematis meliputi (a) evaluasi jangka panjang, (b) evaluasi jangka menengah, (c) evaluasi output, (d) evaluasi proses/aktivitas, (e) evaluasi input/masukan. Informan pada penelitian ini terdiri dari (a) penyelenggara kegiatan, (b) 3 orang tutor, (c) 5 alumni kursus tata rias pengantin, 3 alumni kursus menjahit, dan 3 alumni kursus aplikasi komputer. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi Teknik analisis menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, pengkodean, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil jangka panjang kursus rias pengantin dan komputer telah tercapai sesuai kriteria namun tidak pada kursus menjahit. (2) hasil jangka menengah kursus rias pengantin dan komputer telah tercapai sesuai kriteria keberhasilan namun tidak pada kursus menjahit. (3) output kursus rias pengantin dan komputer telah tercapai sesuai kriteria keberhasilan namun tidak pada kursus menjahit. (4) aktivitas/tindakan belum sepenuhnya dilaksanakan secara optimal, yaitu sosialisasi kegiatan menggunakan media internet belum optimal serta kegiatan monitoring dan evaluasi belum dilakukan secara menyeluruh. Monitoring dan evaluasi hanya terbatas pada evaluasi pembelajaran, dan belum mencakup monitoring dan evaluasi pada tataran program (5) input/masukan belum sepenuhnyanya mendukung pelaksanaan kegiatan, terutama terkait dengan permasalahan penyediaan sarana prasarana dan pendanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program kecakapan hidup
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Oct 2015 08:12
Last Modified: 09 May 2019 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item View Item