Membangun Konstruk Filosofi Pendidikan Nasional Pancasila: Sebuah Pendekatan Hermeneutika Dialektis

Siswoyo, Dwi (2012) Membangun Konstruk Filosofi Pendidikan Nasional Pancasila: Sebuah Pendekatan Hermeneutika Dialektis. S3 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-dwi-siswoyo.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Membangun Konstruk Filosofi Pendidikan Nasional Pancasila, yaitu sebuah Konstruk Filosofi Pendidikan Nasional Indonesia, yang diharapkan dapat membingkai secara dinamis kontekstual dalam upaya pengembangan teori, sistem dan praksis pendidikan nasional, dan juga sebagai acuan pemecahan masalah-masalah pendidikan nasional dari sudut pandang filosofis. Rumusan awal konstruk filosofi pendidikan nasional ini diharapkan dapat sebagai acuan dan fokus perhatian kita dalam menggunakan filosofi, teori, ajaran, sistem pendidikan asing dengan tidak hanya mengadopsi saja karena dapat berdampak negatif bagi kontinuitas praksis pendidikan nasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian filosofis, yaitu hermenutika filosofis. Objek penelitian ini adalah karya-karya ”founding fathers” (Bung Karno dan Bung Hatta), tentang Pancasila dan karya-karya Ki Hadjar Dewantara, Ahmad Dahlan, Notonagoro dan Driyarkara tentang filosofi Pancasila, dan tentang pendidikan nasional, serta dialog dengan karya-karya tokoh lain yang terkait, dan merefleksikan berbagai permasalahan pendidikan nasional yang bersifat filosofis. Metode penelitian yang digunakan adalah hermeneutika dialektis. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Pancasila yang digali dan dilahirkan Bung Karno yang dimengandung nilai-nilai yang sangat ideal dan sangat luar biasa keunggulannya sebagai dasar filosofi negara sampai saat ini belum diimbangi dengan pengamalan yang sungguh-sungguh; (2) Bangsa Indonesia harus berjuang terus dalam merevitalisasi, mereinovasi, merekonstruksi, merejuvenasi dan mereaktualisasi Pancasila; (3) Hakikat membangun konstruk filosofi pendidikan nasional Pancasila dapat dilakukan: (a) secara vertikal, yaitu melalui pengkajian bersifat hierarkhis reflektif-dialogis yang melihat dari segi kedalamannya pengetahuan tentang pendidikan dilakukan reflektif-deduktif-induktif (b) secara horizontal, dengan menggunakan pendekatan Panca-Kon, yang meliputi: Kontinuitas, Konvergensi, Konsentris, Kontekstual, dan Konstruktif, dan (c) vertikal horizontal, dengan menggunakan pendekatan “eklektis-inkorporasi-harmonis” yang dilakukan secara dialektik-dinamik-antisipatif-reflektif-rejuvenatif dengan berdialog ”using critical reasoning” untuk menemukan fusi horizon makna yang lebih sesuai konsep ideal filosofi pendidikan nasional Pancasila; (4) Konstruk Filosofi Pendidikan Nasional Pancasila, yang meliputi muatan internal dan muatan eksternal. Muatan internal meliputi: (a) Kedudukan Filosofi Pendidikan Nasional Pancasila; (b) Hakikat Dasar Pendidikan Nasional Pancasila; (c) Citra Ideal Manusia Indonesia; (d) Hakikat Pendidikan Nasional Indonesia; (e) Tujuan Pendidikan Nasional Pancasila; (f) Isi Pendidikan Nasional Pancasila; (g) Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Nasional Pancasila; (h) Hakikat Peserta Didik dalam Pendidikan Nasional Pancasila; (i) Lingkungan Pendidikan Nasional Pancasila; (j) Penerapan Filosofi Pendidikan Nasional Pancasila. Adapun muatan eksternal, mengkaji pendidikan sebagai sebuah sistem berkait erat dengan sistem institusi sosial lain yang masing-masing saling berhubungan dan “sharing” secara dialektik-dinamis.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Oct 2015 07:24
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27652

Actions (login required)

View Item View Item