Pengaruh Metode Latihan Mental Imagery dan Konsentrasi terhadap Ketepatan Floating Service Atlet Bola Voli Putra Junior Daerah Istimewa Yogyakarta

Septiyanto, Ari (2015) Pengaruh Metode Latihan Mental Imagery dan Konsentrasi terhadap Ketepatan Floating Service Atlet Bola Voli Putra Junior Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-ari-septiyanto.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode latihan imagery internal dan metode latihan imagery external terhadap ketepatan floating service bagi atlet yunior putra klub bola voli D.I Yogyakarta, (2) perbedaan pengaruh konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah terhadap ketepatan floating service bagi atlet yunior putra klub bola voli D.I Yogyakarta, dan (3) interaksi kedua metode latihan dan konsentrasi terhadap ketepatan floating service bagi atlet yunior putra klub bola voli D.I Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah atlet klub bola voli yunior putra D.I Yogyakarta yang berjumlah 40 atlet. Sampel penelitian ini 36 atlet yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen mengukur konsentrasi dengan menggunakan Grid Concentration Test, untuk ketepatan servis bola voli menggunakan AAHPER Service Accuraccy. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh antara metode latihan internal imagery dan metode latihan external imagery terhadap hasil floating service bagi atlet klub bola voli yunior putra D.I Yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,041 < 0,05, metode latihan internal imagery lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan external imagery, (2) Ada perbedaan hasil floating service antara atlet yang memiliki konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah bagi atlet klub bola voli yunior putra D.I Yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,000 < 0.05, atlet dengan konsentrasi tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan konsentrasi rendah terhadap hasil floating service, dan (3) Ada interaksi antara metode latihan (internal imagery dan external imagery) dan konsentrasi (rendah dan tinggi) terhadap hasil floating service bagi atlet klub bola voli yunior putra D.I Yogyakarta, terbukti dari nilai p = 0,041 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:14
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27478

Actions (login required)

View Item View Item