PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Erik, Estrada (2015) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
ERIK Estrada 07501241023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Abstrak Erik Estrada 07501241023 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 3 Yogyakarta, (2) self-efficacy memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (3) motivasi berprestasi memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (4) self-efficacy dan motivasi berprestasi secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 115 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan angket. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus, dan simpangan baku. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-efficacy sebagian siswa (59%) kelas XII TITL SMK N 3 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang, motivasi berprestasi sebagian siswa (55%) kelas XII TITL SMK N 3 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang, kemandirian belajar sebagian siswa (60%) kelas XII TITL SMK N 3 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap kemandirian belajar di SMK N 3 Yogyakarta, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,790; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar di SMK N 3 Yogyakarta, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,795; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self-efficacy dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar di SMK N 3 Yogyakarta, dengan nilai koefisien regresi selfefficacy sebesar 0,410 dan nilai koefisien regresi motivasi berprestasi sebesar 0,443. Kata kunci: kemandirian belajar, motivasi berprestasi, self-efficacy.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Oct 2015 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item View Item