EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI PKBM NGUDI MAKMUR JAMUS,

Sunarti, Narti (2015) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI PKBM NGUDI MAKMUR JAMUS,. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Sunarti (09102249025).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pendidikan kesetaraan Paket B yang meliputi: (1) keadaan konteks program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Ngudi Makmur, (2) keadaan masukan program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Ngudi Makmur, (3) pelaksanaan proses program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Ngudi Makmur, (4) kualitas hasil program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Ngudi Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data ketua PKBM, pendidik, dan peserta didik. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) evaluasi context (konteks) program pendidikan kesetaraan Paket B meliputi: tujuan program pendidikan kesetaraan Paket B, fungsi lembaga, penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan Paket B yang didasarkan pada kebutuhan masyarakat, dan adanya indikator ketercapaian program yang jelas; 2) evaluasi input (masukan) program pendidikan kesetaraan Paket B, masih perlu adanya tutor yang mengajar sesuai dengan pendidikannya, dan perlu adanya penambahan ruang pembelajaran; 3) evaluasi process (proses) program pendidikan kesetaraan Paket B meliputi: Jadwal kegiatan pembelajaran dan daftar presensi, materi yang diberikan, metode dan model pembelajaran yang tepat, evaluasi kegiatan pembelajaran meliputi evaluasi proses, evaluasi harian, dan evaluasi semester; 4) evaluasi product (produk) program pendidikan kesetaraan Paket B adanya peningkatan kualitas peserta didik program Paket B dan persentase kelulusan peserta didik adalah 100%. Kata Kunci: Evaluasi Program, Model CIPP, Program Pendidikan Kesetaraan Paket B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 23 Oct 2015 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27376

Actions (login required)

View Item View Item