PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B BERBASIS WIRAUSAHA DI PKBM SEKAR MELATI SINDUADI MLATISLEMAN YOGYAKARTA

Suwajirah, Suwajirah (2015) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B BERBASIS WIRAUSAHA DI PKBM SEKAR MELATI SINDUADI MLATISLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SUWAJIRAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran paket B berbasis wirausaha di PKBM Sekar Melati, 2) Faktor pendorong pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran paket B berbasis wirausaha, 3) Faktor penghambat pemanfaatan sumber belajar pada pembelajaran paket B berbasis wirausaha. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data ketua PKBM, pendidik, dan peserta didik. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis sumber belajar yaitu: 1) Sumber belajar berupa orang, bahan, lingkungan, alat dan perlengkapan. Pemanfaatan sumber belajar dilaksanakan melalui tahap: a) Perencanaan dan pemilihan sumber belajar yang akan digunakan, b) Pelaksanaan dengan menggabungkan berbagai jenis sumber belajar, c) Evaluasi dengan melihat respon peserta didik selama proses pembelajaran dan hasil tes atau tugas peserta didik, 2) Faktor pendukung pemanfaatan sumber belajar adalah hubungan tutor dengan peserta didik cukup akrab, motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran cukup tinggi, dan semangat untuk berwirausaha cukup tinggi, 3) Faktor penghambat pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran paket B adalah keterbatasan tenaga pendidik, waktu yang terbatas, dan keadaan ekonomi PKBM Sekar Melati untuk menyediakan sumber belajar masih terbatas, faktor modal dan sarana berwirusaha. Kata Kunci: Sumber belajar, Pendidikan kesetaraan, Paket B, Wirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 23 Oct 2015 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27367

Actions (login required)

View Item View Item