Peningkatan Motivasi dan Self Efficacy Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa kelas V SD N 5 Bumirejo Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015

Herzamzam, Dyah Anungrat (2015) Peningkatan Motivasi dan Self Efficacy Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa kelas V SD N 5 Bumirejo Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-dyah-anungrat-herzamzam.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan self efficacy belajar matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD N 5 bumirejo kecamatan kebumen Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 5 Bumirejo Kecamatan Kebumen. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas V. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data motivasi dan self efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi dan self efficacy belajar matematika pada siswa kelas V SD N 5 bumirejo kecamatan kebumen. Peningkatan motivasi dan sel efficacy telah memenuhi kriteria keberhasilan. Hal itu ditunjukan dengan (1) Skor angket motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 54,45% dengan kategori rendah, siklus I sebesar 68,91% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar 83,34% dengan kategori tinggi (2) Skor angket self efficacy belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sebesar 49,94 % dengan kategori rendah, pada siklus I sebesar 69,20% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar 85,04% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi dan Self Efficacy
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:09
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item