PENGARUH EFIKASI DIRI, KREATIVITAS DAN IKLIM KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Emha, Rofiqi Hasyim (2015) PENGARUH EFIKASI DIRI, KREATIVITAS DAN IKLIM KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Emha Rofiqi Hasyim 09501241034.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGARUH EFIKASI DIRI, KREATIVITAS DAN IKLIM KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh : Emha Rofiqi Hasyim NIM. 09501241034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran efikasi diri, kreativitas, iklim kelas dan kemandirian belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Yogyakarta, (2) pengaruh efikasi diri dan kreativitas secara parsial terhadap iklim kelas, (3) pengaruh efikasi diri dan kreativitas secara simultan terhadap iklim kelas, (4) pengaruh efikasi diri, kreativitas dan iklim kelas secara parsial terhadap kemandirian belajar, (5) pengaruh efikasi diri, kreativitas dan iklim kelas secara simultan terhadap kemandirian belajar, (6) pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap kemandirian belajar melalui iklim kelas dan (7) pengaruh tidak langsung kreativitas terhadap kemandirian belajar melalui iklim kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL SMKN 2 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 96 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling acak proposional. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket tertutup. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel, analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri sebagian siswa (66%) termasuk kategori cukup, kreativitas sebagian besar siswa (75%) termasuk kategori cukup, iklim kelas sebagian siswa (73%) termasuk kategori cukup dan kemandirian belajar sebagian besar siswa (75%) termasuk kategori cukup, (2) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan kreativitas secara parsial terhadap iklim kelas sebesar 10% dan 9%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan kreativitas secara simultan terhadap iklim kelas sebesar 28%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri, kreativitas dan iklim kelas secara parsial terhadap kemandirian belajar sebesar 11%, 19% dan 24%, (5) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri, kreativitas dan iklim kelas secara simultan terhadap kemandirian belajar sebesar 54,6%, (6) terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap kemandirian belajar melalui iklim kelas dengan koefisien jalur sebesar 0,153 dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung kreativitas terhadap kemandirian belajar melalui iklim kelas dengan koefisien jalur sebesar 0,148. Kata kunci: efikasi diri, kreativitas, iklim kelas, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Oct 2015 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27289

Actions (login required)

View Item View Item