IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KREATIF MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DI PAUD BINA BUAH HATI BPKB DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yunia Wati, Yuni (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KREATIF MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DI PAUD BINA BUAH HATI BPKB DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yunia Wati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi pembelajaran kreatif melalui pemanfaatan media audio visual di PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY; 2) Hasil implementasi pembelajaran kreatif melalui pemanfaatan media audio visual di PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY; 3) faktor pendorong dan penghambat serta upaya untuk mengatasi hambatan dalampembelajaran kreatif melalui pemanfaatan media audio visual di PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik, dan orangtua anak didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkandata, dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran kreatif melalui pemanfaatan media audio visualdi PAUD Bina Buah Hati meliputi 5 unsur utama : keagamaan, fisik, seni, bahasa, kognitif, diimplementasikan melalui langkah – langkah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2)Hasil pembelajaran kreatif melalui pemanfaatan media audio visual dalam rangka meningkat kualitas pendidikan yaitu : anak tidak mengalami kebosanan dan kejenuhan selama proses pembelajaran yang berlangsung,anak juga dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dengan cepat. (3) Faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana yang lengkap. (4) Faktor penghambat yaitu adanya pendidik yang belum dapat memanfaatkan media audio visual secara maksimal. Upaya untuk mengatasi hambatan yaitu dengan mengadakan pelatihan pemanfaatan media audio visual. Kata kunci: pembelajaran kreatif, media audio visual, paud

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 21 Oct 2015 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item