PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KLIEN DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA DALAM MENUMBUHKAN KUALITAS HIDUP LANSIA (Study Kasus di Panti Wredha Budhi Dharma Ponggalan, Umbulharjo, Yogyakarta)

Utung Riawan, Utung (2015) PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KLIEN DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA DALAM MENUMBUHKAN KUALITAS HIDUP LANSIA (Study Kasus di Panti Wredha Budhi Dharma Ponggalan, Umbulharjo, Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Uutung Riawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pendampingan klien di Panti Wredha Budhi Dharma dalam menumbuhkan kualitas hidup lansia; (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dalam proses pelaksanaan pendampingan klien; (3) Faktor-faktor apa saja yang penghambat dalam proses pelaksanaan pendampingan klien (4) Bagaimana kebermanfaatan pelaksanaan pendampingan klien yang dilaksanakan terhadap lansia yang tinggal di Panti Wredha Budhi Dharma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Subjek penelitian ini adalah pengelola Panti Wredha yang meliputi kepala Panti, pengelola, pendamping dan lansia yang tinggal di Panti Wredha Budhi Dharma. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data yaitu teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data diperoleh temuan penelitian bahwa: (1) Pelaksanaan pendampingan klien di Panti Wredha Budhi Dharma dimulai dengan perencanaan pelaksanaan pendampingan. Tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan pendampingan dan evaluasi. Hasil dari pelaksanaan pendampingan dapat dilihat dari meningkatnya kualitas hidup lansia yang ditandai dengan kesehatan fisik dan psikis yang semakin baik, asupan gizi yang cukup, dan harapan hidup yang meningkat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelaksanaan pendampingan ini adalah menggunakan metode ceramah dan metode partisipatif; (2) Faktor pendukung, (a) Adanya kerjasama dari instansi terkait terutama instansi kesehatan; (b) Adanya respon positif dari lansia di Panti Wredha Budhi Dharma; (c) SDM pendamping yang berkualitas. (3) Faktor penghambat, dalam melaksanakan kegiatannya antara lain, (a) Sarana dan prasarana yang kurang memadai; (b) Kurangnya personil pendamping; (c) Kurangnya bantuan dari keluarga lansia dalam pelaksanaan pendampingan; (4) Kebermanfaatan pelaksanaan pendampingan antara lain, meningkatnya kualitas hidup lansia ditandai dengan kesehatan fisik dan psikis dari para lansia yang semakin baik, meningkatnya harapan hidup lansia karena asupan gizi yang baik sehingga kesehatan mereka meningkat, dengan demikian lansia dapat beraktifitas dan berkarya sesuai ketrampilan yang mereka miliki. Kata kunci: Pendampingan Klien, Kualitas Hidup, Lansia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item View Item