PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT KACANG KULIT ASIN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SMPLB DI SLB C BAKTI SIWI SLEMAN

SRI MARYATI NURMIATI, Sri (2015) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT KACANG KULIT ASIN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VII SMPLB DI SLB C BAKTI SIWI SLEMAN. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Sri Maryati Nurmiati.pdf

Download (39MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sri Maryati Nurmiati.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat kacang kulit asin pada anak tunagrahita ringan kelas VII SMPLB di SLB C Bakti Siwi Sleman hal ini untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran membuat kacang asin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah dua siswa tunagrahita ringan kelas VII SMPLB dan satu orang guru keterampilan. Waktu penelitian tiga bulan, yaitu mulai bulan April 2011 sampai dengan Juli 2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan secara langsung dengan cros chek antar metode. Analisa data, pengumpulan data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat kacang kulit asin bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pembuatan kacang kulit asin. Materi meliputi menyiapkan peralatan, memilih bahan yang baik, memasak bahan, penjemuran kacang dan pengemasan. Media, metode yang digunakan adalah metode pemberian tugas dan demonstrasi. Strategi untuk kemampuan yang dimiliki anak menggunakan pendekatan individual, materi yang disampaikan secara bertahap. Alokasi pembelajaran tiga kali pertemuan. Evaluasi pembelajaran dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Faktor penghambat yang dialami subjek ketidaksetabilan emosi dari subjek 1 subjek 2 dan latar belakang yang berbeda dalam pembelajaran keterampilan membuat kacang asin sehingga belum bisa melakukan secara menyeluruh dalam melaksanakan pembelajaran membuat kacang asin sedangkan fakor pendukungnya anak antusias dalam melakukan pembelajaran membuat kacang asin. Kata Kunci: pembelajaran keterampilan membuat kacang kulit asin anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:44
Last Modified: 30 Jan 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27211

Actions (login required)

View Item View Item