UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MODEL BERMAIN BERVARIASI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MUTIARA KARANGBANGUN KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR

Sri Haryanti, Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MODEL BERMAIN BERVARIASI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MUTIARA KARANGBANGUN KECAMATAN MATESIH KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SRI HARYANTI.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan model bermain di kelompok A, (2) Meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui penerapan model bermain anak usia dini kelompok A PAUD Mutiara Karangbangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan PAUD Mutiara Karangbangun. Setting penelitian yaitu PAUD Mutiara Karangbangun. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model bermain dapat (1) memperbaiki proses pembelajaran menggunakan langkah-langkah model bermain, yaitu permainan tebak huruf dan mewarna huruf, kolase huruf, dan menggunting dan menempel huruf. Hal ini ditandai dengan aktivitas anak usia dini dalam mengikuti pembelajaran semakin meningkat karena keterlibatannya secara langsung dalam pembelajaran seperti antusias anak menebak setiap huruf yang ditunjukkan oleh guru yang berada di depan papan tulis, kolase huruf dan menggunting huruf sudah cukup rapi, (2) meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan model bermain pada anak kelompok A PAUD Mutiara Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Peningkatan hasil belajar tersebut ditandai dengan tingkat ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I sebesar 70 %, siklus II sebesar 85 %. Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, model bermain, anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:44
Last Modified: 30 Jan 2019 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27210

Actions (login required)

View Item View Item