PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH AL HUSNA II PENGASIH, KEC. PENGASIH, KAB. KULON PROGO

Setiaji Raharjo, Setiaji (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH AL HUSNA II PENGASIH, KEC. PENGASIH, KAB. KULON PROGO. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Setiaji Raharjo.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di Kelompok Bermain „Aisyiyah Al Husna II, 2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini, 3) Bagaimana faktor pendukung serta penghambat penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus, pendidik, peserta didik dan orang tua/ peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan didalamnya terdapat penyusunan Silabi, RPT, RPB, RPM dan SKH. Pelaksanaan memiliki beberapa tahapan kegiatan diantaranya kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dari beberapa kegiatan tersebut dapat dilihat adanya tingkat pencapaian perkembangan aqidah, akhlaq dan ibadah. Evaluasi didalamnya meliputi observasi, pencatatan anekdot, percakapan, penugasan, penampilan dan hasil karya, 2) Metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini yaitu dengan menggunakan metode bermain, metode pembiasaan, metode cerita, metode karya wisata, metode keteladanan, metode demonstrasi, metode tanya jawab, 3) Faktor pendukung diantaranya pendidik memiliki kemampuan menyampaikan ajaran agama Islam, peserta didik dapat meniru gerakan beribadah walaupun belum teratur dan memiliki buku-buku Islami. Sedangkan dari faktor penghambat antara lain : peserta didik mudah tidak fokus dan pengelompokkan peserta didik yang dilakukan pendidik saat praktek ibadah masih belum jelas. Kata kunci : Penanaman Nilai-nilai Agama Islam, Anak Usia Dini, Kelompok Bermain, „Aisyiyah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:44
Last Modified: 30 Jan 2019 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27198

Actions (login required)

View Item View Item