PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN PROGRAM DESA WISATA OLEH KELOMPOK SADAR WISATA KREBET BINANGUN DI KREBET, SENDANGSARI, PAJANGAN,BANTUL, YOGYAKARTA

Rosita Desiati, Rosita (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN PROGRAM DESA WISATA OLEH KELOMPOK SADAR WISATA KREBET BINANGUN DI KREBET, SENDANGSARI, PAJANGAN,BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rosita Desiati (09102241019).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan program Desa Wisata oleh Kelompok Sadar Wisata Krebet Binangun. (2) Mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan program Desa Wisata oleh Kelompok Sadar Wisata Krebet Binangun. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi pengurus dan anggota Pokdarwis Krebet Binangun, masyarakat dan pengunjung. Setting penelitian adalah Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemberdayaan masyarakat oleh Pokdarwis Krebet Binangun diterapkan dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan, diskusi, kompetisi, percontohan dengan berbagai pelatihan dan perintisan dengan berbagai pementasan seni dan budaya. Pengelolaan yang dilakukan yaitu meliputi: (a) Perencanaan, (b) Pengorganisasian, (c) Penggerakan, (d) Evaluasi. (2) Permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Sadar Wisata Krebet Binangun diantaranya adalah kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang desa pariwisata, belum optimalnya kerja masing-masing bidang di Pokdarwis khususnya bidang pariwisata, kurangnya perhatian pemerintah, sarana dan prasarana pendukung pariwisata yang belum memadai, serta destinasi obyek wisata yang belum tertata dengan baik. Sedangkan faktor pendukung yang ada meliputi beragamnya potensi wisata yang tersedia, adanya dukungan dari pengurus dan tokoh masyarakat setempat, kerjasama antar warga masyarakat dan pengelola Pokdarwis yang terbuka, serta sikap kekeluargaan dan gotong royong yang masih sangat kental. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan Program, Kelompok Sadar Wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item