Pengembangan Multimedia Lectora Dalam Pembelajaran Tematik - Integratif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kognitif Serta Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Pada Subtema Hebatnya Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri Grogol Kabupaten Bantul

Windarny, Denty (2015) Pengembangan Multimedia Lectora Dalam Pembelajaran Tematik - Integratif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kognitif Serta Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Pada Subtema Hebatnya Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri Grogol Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-denty-windarny-12712251003.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan multimedia lectora pada pembelajaran tematik-integratif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta membangun karakter tanggung jawab dan disiplin pada subtema Hebatnya Cita-Citaku yang layak bagi siswa kelas IV SD Grogol, Bantul dan (2) mengetahui efektivitas multimedia lectora pada pembelajaran tematik-integratif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta membangun karakter tanggung jawab dan disiplin pada subtema Hebatnya Cita-Citaku yang layak bagi siswa kelas IV SD Grogol, Bantul Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Desai pengembangan dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yaitu: (a) eksplorasi, (b) pengembangan produk, (c) uji coba dan revisi, dan (d) validasi akhir. Subjek uji coba terbatas adalah 6 siswa kelas IV dan 1 guru kelas SD N Grogol. Subjek uji coba lapangan adalah 12 siswa dan 1 guru kelas IV SD N Grogol. Subjek Uji Coba Operasional adalah 46 siswa yaitu 22 siswa dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa dari kelas IVB sebagai kelas kontrol serta 2 guru kelas IVA dan IVB. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk multimedia lectora, lembar observasi siswa, angket respon guru, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa (output dari lectora). Teknik analisa data menggunakan pengujian t-test berkorelasi dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia lectora ditinjau dari aspek komunikasi, desain, dan format sajian menurut ahli media terkategori “sangat baik”. Sedangkan ditinjau dari aspek kurikulum dan isi materi menurut ahli materi terkategori “sangat baik”. Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan multimedia lectora terkategori “baik”. Rata-rata skor ketercapaian prestasi belajar secara kognitif dan afektif juga mengalami perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari perbedaan yang signifikan pada efektivitas pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan multimedia lectora.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemahaman Kurikulum 2013, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27168

Actions (login required)

View Item View Item