MANFAAT PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP MONTIR SEPEDA MOTOR BAGI PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA YOGYAKARTA

Rieska Candra Pamungkas, Rieska (2015) MANFAAT PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP MONTIR SEPEDA MOTOR BAGI PEMUDA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Rieska Candra Pamungkas_NIM 09102241026.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Manfaat pelaksanaan program Pendidikan Kecakapan Hidup montir sepeda motor di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta bagi warga belajar ditinjau dari aspek ekonomi dan aspek sosial. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat bagi warga belajar dalam mengimplementasikan hasil pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup montir sepeda motor di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi lulusan program Pendidikan Kecakapan Hidup montir sepeda motor tahun 2012 yang diselenggarakan di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta sebanyak 8 warga belajar, yang dipilih dengan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Manfaat ekonomi yang diperoleh lulusan (warga belajar) program Pendidikan Kecakapan Hidup montir sepeda motor tahun 2012 yang diselenggarakan di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta adalah: pemerolehan pekerjaan, peningkatan pendapatan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan hidup. Manfaat sosial yang diperoleh adalah: peningkatan komampuan berkomunikasi dan kerjasama, peningkatan status sosial dalam masyarakat. (2) Faktor pendukung bagi warga belajar dalam mengimplementasikan hasil program Pendidikan Kecakapan Hidup montir sepeda motor tahun 2012 yang diselenggarakan di Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta adalah : lulusan memiliki keterampilan yang dapat dijadikan bekal untuk memperoleh pekerjaan, kebutuhan tenaga kerja dalam bidang jasa perbengkelan terbuka luas, dukungan keluarga dan masyarakat. Faktor penghambat adalah : tidak memiliki modal untuk membuka usaha jasa perbengkelan, motifasi yang rendah untuk membuka usaha sendiri. Kata Kunci: Manfaat Pelatihan Kecakapan Hidup, Pemuda Putus Sekolah, Panti Sosial Bina Remaja Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Oct 2015 13:19
Last Modified: 30 Jan 2019 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27144

Actions (login required)

View Item View Item