PENANAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DHARMA YOGA SANTI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Nurtanti Hana Kurniawati, Nurtanti (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DHARMA YOGA SANTI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
NURTANTI HANA KURNIAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) nilai-nilai budi pekerti yang ditanamkan di TPA Dharma Yoga Santi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY); 2) metode pembelajaran nilai-nilai budi pekerti di TPA Dharma Yoga Santi UNY; 3) faktor pendorong dan penghambat serta upaya untuk mengatasi hambatan dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti di TPA Dharma Yoga Santi UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, pengurus, pendidik, pengasuh, anak didik dan orangtua anak didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai budi pekerti yang ditanamkan di TPA Dharma Yoga Santi UNY meliputi lima unsur pokok yaitu nilai keagamaan, sopan santun, kebersihan, kepekaan sosial emosional, kejujuran dan tanggungjawab; (2) metode pembelajaran yang digunakan yaitu memberi contoh langsung (keteladanan), bercerita (dongeng), bermain dan bernyanyi; (3) faktor pendorong berasal dari dukungan Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai pengelola, sarana prasarana yang tersedia, kreativitas pendidik, pemahaman pendidik mengenai pentingnya budi pekerti, dukungan orangtua anak didik dan masyarakat sekitar. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya tenaga pendidik, karakteristik anak yang berbeda-beda, karakteristik orangtua yang berbeda-beda. Upaya untuk mengatasi hambatan yaitu dengan pembagian tugas pendidik dan pengasuh, memahami karakteristik anak serta komunikasi pendidik dan pengasuh dengan orangtua anak didik. Kata kunci: nilai-nilai budi pekerti, taman penitipan anak, dharma yoga santi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27082

Actions (login required)

View Item View Item