DAMPAK PERAN GANDA PEKERJA PEREMPUAN TERHADAP KELUARGA DAN KEGIATAN SOSIAL DI MASYARAKAT (Studi Terhadap Pekerja Perempuan Pada Industri Rumah Tangga Kerajinan Kulit Di Dusun Manding Sabdodadi Bantul)

Nurjannah, Nurjannah (2015) DAMPAK PERAN GANDA PEKERJA PEREMPUAN TERHADAP KELUARGA DAN KEGIATAN SOSIAL DI MASYARAKAT (Studi Terhadap Pekerja Perempuan Pada Industri Rumah Tangga Kerajinan Kulit Di Dusun Manding Sabdodadi Bantul). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurjannah (06102241026).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas peran ganda pekerja perempuan yang bekerja pada sektor industri rumah tangga kerajinan kulit ; (2) Dampak peran ganda pekerja perempuan terhadap keluarga ; (3) Dampak peran ganda terhadap kegiatan sosial di masyarakat ; (4) Upaya pekerja perempuan dalam mengatasi dampak peran ganda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pekerja perempuan yang bekerja pada sektor industri kerajinan kulit di Dusun Manding, Sabdodadi, Bantul. Pemilihan subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Aktivitas peran ganda pekerja perempuan yang bekerja pada sektor industri kerajinan kulit di Dusun Manding, antara lain : aktivitas perempuan dalam rumah tangga yaitu memasak, membuatkan sarapan, mencuci, membersihkan rumah, mengurus kebutuhan anak dan suami. Aktivitas perempuan di tempat kerja yaitu mengemal (membuat pola), nyetel (merangkai), menjahit, mengelem, mbolongi (melubangi) dan melayani pelanggan ; (2) Dampak peran ganda pekerja perempuan terhadap keluarga yaitu : a) Dampak positif : menambah penghasilan rumah tangga dan terbangun rasa saling pengertian antar anggota keluarga ; b) Dampak negatif : waktu untuk berkumpul dengan keluarga menjadi terbatas dan adanya beban kerja ganda yang ditanggung oleh pekerja perempuan ; (3) Dampak peran ganda terhadap kegiatan sosial di masyarakat yaitu : a) Dampak positif : pekerja perempuan aktif mengikuti kegiatan sosial di masyarakat dan penghasilan yang diperoleh pekerja perempuan cukup untuk memenuhi kebutuhan sosial ; b) Dampak negatif : kegiatan sosial yang diadakan pada siang hari membuat pekerja perempuan meninggalkan pekerjaannya untuk sementara waktu dan waktu untuk berkumpul dengan masyarakat menjadi terbatas ; (4) Upaya pekerja perempuan dalam mengatasi dampak peran ganda yaitu : manajemen waktu yang baik dengan memanfaatkan waktu luang untuk keluarga, istirahat, dan kegiatan sosial, memberikan motivasi pada diri sendiri dengan mengingat kebutuhan yang harus dipenuhi. Kata Kunci : peran ganda, pekerja perempuan, keluarga dan kegiatan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27081

Actions (login required)

View Item View Item