PENGELOLAAN MAJELIS TA’LIM IPPS (IKATAN PENGASUH PENGAJIAN SUMBERSARI) SEBAGAI WADAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENUJU PENDIDIKAN KARAKTER DI KELURAHAN SUMBERSARI, MOYUDAN, SLEMAN YOGYAKARTA

Nanang Kristanto, Nanang (2015) PENGELOLAAN MAJELIS TA’LIM IPPS (IKATAN PENGASUH PENGAJIAN SUMBERSARI) SEBAGAI WADAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENUJU PENDIDIKAN KARAKTER DI KELURAHAN SUMBERSARI, MOYUDAN, SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Nanang Kristanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengelolaan majelis ta’lim sebagai wadah pemberdayaan masyarakat menuju pendidikan karakter di IPPS yang ditinjau dari fungsi (1) Perencanaan, (2) Pengorganisasian, (3) Penggerakan/Motivasi, (4) Pembinaan, (5) Penilaian, dan (6) Pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, ustad/narasumber, jama’ah majelis ta’lim IPPS dan perangkat desa Sumbersari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi serta pengamatan langsung dan partisipatif. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan majelis ta’lim IPPS sudah sebagai wadah pemberdayaan masyarakat menuju pendidikan karakter dilihat dari peranan yang cukup besar bagi umat Islam di Sumbersari, peranan yang dimiliki oleh IPPS diantaranya pembinaan bidang keagamaan, bidang pendidikan, bidang sosial kemasyarakatan, bidang seni olahraga jika ditinjau dari fungsi pengelolaan : Perencanaan yang dilakukan majelis ta’lim IPPS belum dilaksanakan dengan optimal. Pengorganisasian majelis ta’lim ditangani langsung oleh pengurus majelis yang pelaksanaannya belum dilakukan dengan optimal. Penggerakan/motivasi yang dilakukan oleh majelis ta’lim belum dilaksanakan secara optimal. pembinaan yang dilakukan belum dilakukan secara optimal. Pengendalian yang dilakukan oleh majelis ta’lim belum dilaksanakan dengan optimal. Pengembangan majelis ta’lim IPPS belum dilakukan. Kata Kunci : Pengelolaan, Majelis Ta’lim, Pemberdayaan, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27059

Actions (login required)

View Item View Item