IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SURYA CERIA AISYIYAH (SCA) KARANGANYAR

Mukti Diyah Puspitarini, Mukti (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SURYA CERIA AISYIYAH (SCA) KARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Mukti Diyah Puspitarini.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: (1) Implementasi pembelajaran BCCT di KB SCA Karanganyar, (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran BCCT di KB SCA Karanganyar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek dalam penelitian ini adalah pengelola, kepala sekolah, pendidik dan peserta didik kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam melakukan penelitian, yang dibantu oleh pertanyaan penelitian, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis dilakukan dalam bentuk pengkodean (coding). Pengkodean merupakan proses penguraian data, pengonsepan, dan penyusunan kembali dengan cara baru. Adapun tahapan pengumpulan data adalah tahap reduksi data, tahap display data dan tahap kesimpulan. Keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, keajegan pengamatan, dan trianggulasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Implementasi pembelajaran BCCT di KB SCA Karanganyar dilakukan melalui tiga aspek, yaitu: (a) perencanaan, yaitu: pendidik membuat RKH, pendidik menata alat dan bahan main yang akan digunakan, (b) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan 4 pijakan, yaitu: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main, (c) evaluasi pembelajaran menggunakan lembar observasi harian, portofolio, dan periodik; (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran BCCT adalah: (a) kurikulumnya sudah terstruktur yang membantu pendidik dalam membuat RKM dan RKH, (b) hubungan interaksi yang terjalin antara pendidik dengan orang tua sangat baik, (c) fasilitas atau sarana prasarana yang ada di PAUD SCA sangat mendukung proses pembelajaran BCCT, sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) pembagian waktu pendidik dalam membuat RKH, (b) pendidik kurang mampu mengembangkan ragam main dan menciptakan APE yang disesuaikan dengan tema, (c) terdapat beberapa ruang kelas yang terlalu sempit. Kata kunci: Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT), Kelompok Bermain (KB)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27057

Actions (login required)

View Item View Item