KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN KALIMAT PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL

Marliana, Marliana (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN KALIMAT PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
MARLIANA.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia khususnya peny usunan k alimat /Subjek/, /Predikat/, /O bjek/, /Keterangan/ m elalui penggunaan Strip Story untuk siswa t unarungu di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain y ang digunak an ad alah one group pret-test-post-test design. Subjek p enelitian ini adalah ti ga (3) orang sisw a tunarungu ke las V II SMP di SLB Wiy ata D harma 1 Te mpel. Metode y ang digunakan dalam pengumpulan data , adalah tes y ang berben tuk multiple choice. A nalisis data yang digunakan a dalah deskripti f kuantitatif d an data yang dip eroleh akan d i sajikan dalam bentuk tabel dan grafik . Hasil p enelitian menunjukkan b ahwa penggunaan Strip Story ef ektif meningkatkan k emampuan penyusunan kalimat pad a siswa tunarungu di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel. H al tersebut dibuktikan d engan meningkatnya skor pencapaian k emampuan pe nyusunan ka limat oleh s iswa. Peningkatan kemampuan peny usunan kal imat sisw a tu narungu ditunjukkan deng an meningkatnya skor post-test, dimana p ada saat seb elum diberikan treatment dengan menggunakan media strip story pada masing-masing siswa mendapatkan skor sangat rendah yaitu siswa NA 3(30%), RW 4(40%), dan SK (30%) menjadi meningkat setelah di berikan treatment dengan m enggunakan strip story dengan skor sisw a N A 10(1 00%), SK 8(80%), dan RW 9(90%), hasil tersebut didapatkan dari pencapaian kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan pada soal post-test. Kesi mpulan akh ir adalah melalui penggunaan Strip Story kemampuan peny usunan kalimat pada si swa t unarungu di SLB B Wi yata Dharma 1 Te mpel meningkat dari 40%-70%. Sehingga media Strip Story efektif digunakan u ntuk meningkatkan k emampuan p enyusunan kali mat d engan materi struktur pola-pola k alimat dasar pada an ak tunar ungu di SLB B Wiyata Dhar ma 1 Tempel. Kata kunci: strip story, kemampuan penyusunan kalimat, siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 06:14
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27036

Actions (login required)

View Item View Item