EVALUASI KEEFEKTIFAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PERKOPERASIAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (KOPMA UNY)

Markhamah, Markhamah (2015) EVALUASI KEEFEKTIFAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PERKOPERASIAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (KOPMA UNY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Markhamah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang: Ada tidaknya peningkatan minat wirausaha anggota Kopma UNY pada kondisi sebelum dan setelah anggota mengikuti Diklat perkoperasian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KOPMA UNY yang berjumlah 80 orang. Sedangkan subjek penelitian adalah seluruh peserta Diklat perkoperasian yang berasal dari anggota Kopma UNY yang berjumlah 80 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat peningkatan minat wirausaha pada kondisi sebelum dan sesudah anggota mengikuti Diklat perkoperasian (2) Peningkatan itu dapat dilihat dari penguasaan materi Diklat perkoperasian, motivasi, harapan, minat wirausaha dan follow-up/rencana tindak lanjut sesudah mengikuti Diklat perkoperasian, yaitu Pengusaan materi sebelum mengikuti Diklat perkoperasian rata-rata sebesar 77.16 dan sesudah mengikuti Diklat perkoperasian rata-rata sebesar 87.95, motivasi wirausaha rata-rata sebesar 3.14 meningkat menjadi rata-rata sebesar 3.60, Harapan menjadi wirausaha ratarata sebesar 3.16 meningkat menjadi rata-rata sebesar 3.59, minat wirausaha ratarata sebesar 3.14 meningkat menjadi rata-rata sebesar 3.99 dan follow-up/rencana tindak lanjut untuk menjadi wirausaha rata-rata sebesar 3.55 meningkat menjadi 3.89. Hal ini menunjukan bahwa dengan adanya Diklat perkoperasian mampu dan efektif dalam meningkatkan minat wirausaha anggota Kopma UNY yaitu dengan adanya Diklat perkoperasian mampu memberikan pengetahuan tentang wirausaha dan wirakoperasi, menarik perhatian, motivasi, harapan dan membangkitkan minat anggota dalam wirausaha. Kata kunci: pendidikan dan pelatihan (Diklat) perkoperasian; minat wirausaha, KOPMA UNY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 16 Oct 2015 06:14
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item View Item