PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA PEDAGANG KAKI LIMA (Studi Kasus pada 7 Keluarga Pedagang Kaki Lima di Jalan Jendral Sudirman, Purbalingga)

Eko Supriyanto, Eko (2015) PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA PEDAGANG KAKI LIMA (Studi Kasus pada 7 Keluarga Pedagang Kaki Lima di Jalan Jendral Sudirman, Purbalingga). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
EKO SUPYANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengasuhan anak padaorang tua pedagang kaki lima di komplek pertokoan di Jl. Jendral Sudirman, Purbalingga. (2) Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pengasuhan anak pada keluarga pedagang kaki lima yang dilihat dari pendapatannya. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat pengasuhan anak jika dilihat dari tingkat pendapatan orang tua. (4) Untuk mengetahui dampak pengasuhan anak pada orang tua yang memiliki tingkat pendapatan yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tujuh keluarga pedagang kaki lima di jalan Jendral Sudirman, Purbalingga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh kombinasi anatara laissez faire dan demokratis digunakan oleh keluarga pedagang kaki lima pekerja, yaitu pada aspek pergaulan, kesehatan, dan pendidikan, sedangkan keluarga pedagang kaki lima juragan condong menggunakan pola asuh demokratis. (2) Pendidikan jasmani sudah dilakukan oleh semua keluarga dengan baik, mereka melakukan dan memberi contoh pola hidup yang sehat dan bersih. Pendidikan rohani dalam keluarga pedagang kaki lima pekerja dan pemilik kurang maksimal dalam mengajarkan anaknya, karena orang tua hanya mengandalkan pendidikan agama dari tempat anak bersekolah saja. (3) Faktor penghambat dari keluarga pedagang kaki lima pekerja yaitu pendapatan keluarganya. Sedangkan keluarga pedagang kaki lima pemilik dan juragan memiliki faktor penghambat masalah pembagian waktu. (4) Dampak pendapatan di keluarga pedagang kaki lima pekerja berimbas kepada pendidikan anak, sikap anak, dan pestasi anak, sedangakan pendapatan pedagang kaki lima pemilik dan juragan berdampak positif terhadap pendidikan, sikap anak, dan prestasi anak Kata kunci: Pengasuhan anak, keluarga, Pedagang kaki lima

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26915

Actions (login required)

View Item View Item