FUNGSI DAN BENTUK ARANSEMEN MUSIK ANGKLUNG DI GEREJA KERASULAN BARU DESA RASAU KECAMATAN PAMENANG KABUPATEN MERANGIN PROPINSI JAMBI

Utami, Sri (2013) FUNGSI DAN BENTUK ARANSEMEN MUSIK ANGKLUNG DI GEREJA KERASULAN BARU DESA RASAU KECAMATAN PAMENANG KABUPATEN MERANGIN PROPINSI JAMBI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sri Utami 06208241028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi dan bentuk aransemen musik angklung pada suatu kebaktian di Gereja Kerasulan Baru. Lokasi penelitian ini di Desa Rasau Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Propinsi Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Berdasarkan data yang diperoleh dan setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa fungsi dan bentuk aransemen musik angklung di Gereja Kerasulan Baru Desa Rasau, antara lain : (1) Instrumen angklung dalam kebaktian di Gereja Kerasulan Baru berfungsi sebagai sarana dalam kebaktian, pembawa suasana, sarana pelatihan ketrampilan bermain angklung, sarana pembentukan karakter, dan sebagai ciri khas Gereja Kerasulan Baru. (2) Bentuk komposisi musik angklung adalah komposisi 4 suara yang terdiri dari SATB ( Sopran Alto Tenor Bass) dan mempunyai sukat 3/4, 4/4, 3/8, 6/8, 9/8, dan 12/8. Tempo yang digunakan mulai dari Adagio ( sangat lambat ) sampai Presto ( secepat mungkin ). Melodi yang yang digunakan mempunyai tangga nada diatonis mayor yang mempunyai nada 1 2 3 4 5 6 7 1 dan tangga nada diatonis minor yang mempunyai nada 6 7 1 2 3 4 5 6 yang mempunyai nada kromatis yang lengkap. Sistem penulisan menggunakan notasi angka dan menggunakan tangga nada mayor dan minor C, G, D, A, E, B, F#, C#, F, Bb, Eb, dan Ab. Keselarasan bunyi terdapat pada instrumen melodis, meskipun terdengar diulang-ulang. (3) Instrumen yang mengiringi angklung yaitu gambang, bass pukul, dan keyboard dan semuanya dimainkan bersama pada saat kebaktian di Gereja Kerasulan Baru Desa Rasau Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Propinsi Jambi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fungsi dan Aransemen, Musik Angklung, Gereja Kerasulan Baru
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 02:24
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26910

Actions (login required)

View Item View Item