PERANAN KONSEP ANDRAGOGI DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (BPKB DIY)

Dyah Ari Dwi Wisudawati, Dyah (2015) PERANAN KONSEP ANDRAGOGI DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (BPKB DIY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DYAH ARI D_NIM 09102241031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran Paket C, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran, (3) peranan konsep andragogi dalam strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik dan pengelola/tutor pembelajaran program kesetaraan Paket C di BPKB Provinsi DIY. Setting penelitiannya adalah pembelajaran program kesetaraan Paket C di BPKB Provinsi DIY. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan reduksi, display dan konklusi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal yaitu bahwa: (1) Dalam pelaksanaan pembelajarannya dilakukan dengan kegiatan tatap muka yaitu dengan sharing, kegiatan tutorial yaitu dengan mengkomunikasikan kesulitan-kesulitan belajar dan kegiatan mandiri yaitu dengan pemberian tugas secara terstruktur dan tidak terstruktur. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran adalah kerja sama yang terjalin antar tutor untuk kelancaran proses pembelajaran dan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya adalah kehadiran peserta didik yang tidak selalu semuanya datang yang disebabkan beberapa alasan, dan kehadiran tutor yang terkadang tidak datang mengampu. (3) Peranan konsep andragogi dalam strategi pembelajaran yaitu: Strategi yang digunakan dalam pembelajaran adalah strategi pembelajaran partisipatif dan non partisipatif, sehingga peran konsep andragogi didalamnya adalah : 1) Pemahaman belajar peserta didik dapat menciptakan suasana pembelajaran yang tidak kaku, 2) peran peserta didiknya sebagai orang dewasa dalam belajar, seperti pada pembelajaran individu, kelompok dan inkuiri, 3) pengalaman yang mereka miliki sebagai sumber belajar yang kaya dalam pembelajaran, 4) kesiapan belajar peserta didik terhadap pembelajaran masih belum optimal karena mereka juga dituntut untuk mempelajari sesuatu mata pelajaran yang wajib dipelajari, bukan berdasarkan kebutuhan perkembangan dirinya, 5) orientasi belajar peserta didik adalah mendapatkan keterampilan lebih banyak untuk bekal di masa depan, 6) motivasi peserta didik pada dasarnya untuk mendapatkan ijazah dan mendapat keterampilan komputer. Kata Kunci: Andragogi, Strategi pembelajaran. Pembelajaran Paket C

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:58
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26886

Actions (login required)

View Item View Item