PERANAN PENGURUS KARANG TARUNA BERSTATUS MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI (Studi pada Organisasi Karang Taruna di Dusun Sawahan Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul)

Dwi Afriyanto Purnomo, Dwi (2015) PERANAN PENGURUS KARANG TARUNA BERSTATUS MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI (Studi pada Organisasi Karang Taruna di Dusun Sawahan Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
dwi afriyanto purnomo_09102241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) peranan yang dilakukan oleh pengurus berstatus mahasiswa, (2) peningkatan kinerja organisasi, (3) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pengurus organisasi dalam meningkatkan kinerja karang taruna. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi, subjek penelitian adalah pengurus karang taruna berstatus mahasiswa maupun non-mahasiswa, anggota karang taruna dan tokoh masyarakat. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) meningkatkan kedisiplinan, pemberian motivasi, pembukuan keuangan ataupun notulensi rapat semakin tertata, meningkatnya hubungan baik dengan organisasi masyarakat. (2) Selalu memberikan masukan dan suntikan semangat kepada anggota untuk bekerja dengan baik, lebih terkoordinasi dan terstruktur. Ide dan terobosan dari mahasiswa masih sangat dibutuhkan. (3) Faktor pendukung: SDM memadai bagi pengurus bestatus mahasiswa, tanggung jawab dan kerjasama dari semua pihak, fasilitas memadai, adanya dukungan masyarakat. Faktor penghambat: SDM kurang bagi para anggota, faktor finansial, kurangnya kepedulian berorganisasi bagi anggota. Langkah yang dilakukan oleh organisasi karang taruna di Dusun Sawahan yaitu melakukan kegiatan yang mampu melibatkan semua elemen masyarakat, terus melakukan motivasi bagi anggota agar terjalinnya kerjasama, meningkatkan kedisiplinan, melakukan kaderisasi. Kata Kunci: Peranan, Karang Taruna, Kinerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:58
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26885

Actions (login required)

View Item View Item