ANALISIS KALIMAT DALAM TEKS NARASI MAHASISWA PROGRAM ALIH KREDIT YUNNAN UNIVERSITY OF NATIONALITYDI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Aisa, Sri Rejeki (2015) ANALISIS KALIMAT DALAM TEKS NARASI MAHASISWA PROGRAM ALIH KREDIT YUNNAN UNIVERSITY OF NATIONALITYDI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI fix1.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan penggunaan frase sebagai fungtor(2) menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa yang terdapat dalam kalimat teks narasi mahasiswa YUN dan (3)menjelaskan perkembangan kompleksitas kalimat yang dihasilkan oleh mahasiswa YUN dalam menulis teks narasi selama 3 bulan (Oktober 2014-Desember 2014). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel 120 karangan peserta program Alih Kredit di Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen tertulis dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik bagi unsur langsung, teknik lanjutan baca markah untuk menentukan pola-pola kalimat dan teknik lanjutan pengontrasan untuk analisis kesalahan berbahasa. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, kategori frase yang digunakan sebagai fungtor ada enam, yaitu (a) frase nominal, (b) frase verbal, (c) frase adjektival, (d) frase numeral, (e) frase pronominal, (f) frase preposisional. Kedua, bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan yaitu, (a) penambahan, (b) penghilangan, (c) salah bentukan, (d) salah penggunaan, (e) salah urutan. Ketiga, perkembangan kompleksitas kalimat setiap bulan dapat dilihat dari perkembangan yang terjadi pada lima jenis kalimat, yaitu (a) kalimat tunggal, (b) kalimat majemuk setara, (c) kalimat majemuk bertingkat, (d) kalimat majemuk ganda, (e) kalimat tidak lengkap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penggunaan frase, kesalahan berbahasa, kompleksitas kalimat, peserta alih kredit
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Oct 2015 03:49
Last Modified: 09 Oct 2015 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26778

Actions (login required)

View Item View Item