FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN WATES KULON PROGO

Muhammad Ihsan (2015) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN WATES KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IHSAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa kelihatan tidak bersemangat pada saat pembelajaran khususnya bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi faktor kesulitan pembelajaran permainan bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Gadingan, Wates, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gadingan, Wates, Kulon Progo yang berjumlah 45 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Kesulitan pembelajaran permainan bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Gadingan, Wates, Kulon Progo adalah faktor intrinsik, indikator fisik 59,17% dan indikator psikis 77,22%. (2) Ekstrinsik, indikator guru persentase sebesar 77,78%, materi pelajaran sebesar 80,69%, alat dan fasilitas sebesar 77,78%, lingkungan sebesar 82,69%, peran orang tua sebesar 73,75%. (3) Kesulitan dalam pembelajaran permainan bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Gadingan, Wates, Kulon Progo berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 4,44% (2 siswa), “rendah” sebesar 26,67% (12 siswa), “sedang” sebesar 28,89% (13 siswa), “tinggi” sebesar 37,78% (17 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 4,44% (2 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, bola voli mini
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Sep 2015 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26546

Actions (login required)

View Item View Item