PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK PEMBELAJARAN PERAWATAN DASAR PERALATAN RUMAH TANGGA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Dimas, Nur Rosit S.S (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK PEMBELAJARAN PERAWATAN DASAR PERALATAN RUMAH TANGGA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dimas Nur Rosit 10501244016.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA TOPIK PEMBELAJARAN PERAWATAN DASAR PERALATAN RUMAH TANGGA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Dimas Nur Rosit S.S 10501244016 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta melalui pembelajaran Problem Based Learning pada topik Perawatan Dasar Peralatan Rumah Tangga Siswa materi pendingin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas X jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan: tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya (1) aspek kognitif (hasil belajar kognitif) dilihat dari ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 50% atau 15 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 72,10 meningkat pada siklus II menjadi 90% atau 27 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 81,10, (2) aspek afektif (keaktifan siswa) dilihat dari persentase rata-rata pada siklus I sebesar 73,17% meningkat pada siklus II menjadi 82,50% dan (3) aspek psikomotorik (ketrampilan siswa) dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I 79,67 meningkat pada siklus II menjadi 83,44. Penerapan problem based learning memberikan dampak positif bagi siswa dan guru. Dampak positif bagi siswa yaitu dapat menambah motivasi untuk belajar dan menambah wawasan, serta memacu kemampuan berpikir. Sedangkan dampak positif bagi guru yaitu memperoleh pengalaman dalam perbaikan dan pengembangan proses pembelajaran serta sumbang saran dalam penggunakan variasi model pembelajaran inovatif seperti problem based learning. Kata kunci: model pembelajaran problem based learning , hasil belajar, keaktifan, ketrampilan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Sep 2015 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item View Item