TIPOLOGI PERUBAHAN DAN MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PESANTREN SALAF

Marzuki, Dr. (2010) TIPOLOGI PERUBAHAN DAN MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PESANTREN SALAF. [Experiment/Research]

[img] Text
09_Marzuki.doc

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk perubahan di pesantren salaf dan model pendidikan multikultural di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan setting empat pesantren salaf di Jawa, yaitu Pesantren Al-Qodir Cangkringan, Dar al-Tauhid Cirebon, Roudlatut Thalibin Rembang, dan Tebuireng Jombang. Teknik pengumpulan datanya dengan pengamatan, wawancara, FGD, dan dokumentasi. Untuk pemeriksaan keabsahan data digunakan teknik cross check dan untuk analisis data digunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terjadi perubahan bentuk pendidikan di pesantren salaf yang tidak bisa lagi dikatakan bercorak salaf (tradisional) sama sekali, tetapi sudah merupakan campuran antara tradisional dan modern, begitu juga dalam hal pemikiran para kiai dan santrinya; 2) Islam yang dimiliki kalangan pesantren salaf adalah Islam yang inklusif, ramah, tidak kaku, moderat, yakni Islam yang bernuansa perbedaan dan sarat dengan nilai-nilai multikultural. Mendakwahkan Islam yang seperti inilah yang menjadikan Islam bisa bersentuhan dengan multikultur.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:08
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item View Item